Pages

Ads 468x60px

Internet Doomsday (Hari Kiamat Internet) 9 Juli

Saya Posting ini tanggal 04 Juli 2012, 5 Hari lagi akan terjadi yang namanya 'Internet Doomsday' artinya Hari Kiamat Internet. Semua komputer yang terinfeksi dan terhubung dengan internet, tidak dapat mengakses email, Facebook, Twitter, YouTube dan sebagainya yang berhubungan dengan internet.

Menurut Msn.com, FBI menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas penonaktifan internet pada tanggal 9 Juli mendatang. Jika ada yang bertanya, Mengapa FBI akan mematikan internet pada tanggal 9 Juli? Hal tersebut dikarenakan laporan sebuah serangan trojan yang akan menyapu bersih semua jaringan internet dunia.

Bagi yang belum tahu 'apa itu Trojan', Trojan adalah software atau program yang masuk ke dalam system dan bertindak Jahat atau Kriminal. Trojan cenderung tidak menginfeksi atau merusak data atau system seperti yang di lakukan virus, tetapi memodifikasi file system. Tak jarang Trojan juga melakukan Social Engineering terhadap user. Penyebaran Trojan biasanya melalui website (Internet).
Trojan cenderung melakukan Kontrol atau remote terhadap system. Salah satu contoh Trojan bisa merekam semua aktifitas sa’at bekerja dengan komputer atau mengontrol system supaya melakukan tindakan yang di perintahkan Trojan
Trojan ini bernama DNSCharger, Trojan tersebut ciptaan dari cybercriminal dari Estonia. Trojan ini akan menginfeksi semua PC berbasis system operasi Windows dan Mac serta merusak router yang terhubung dengan internet. Sekarang ini menurut catatan Internetidentity.com, terdapat 4 juta komputer dan router yang terhubung dengan internet.
Nah, ternyata ada cara yang cukup mudah untuk mengetahui apakah komputer Anda terinfeksi DNSChanger atau tidak. Yakni menggunakan situs khusus yang dibuat oleh kelompok kerja DNS Changer. dan Langkah-langkahnya :
Buka web browser (misalnya mozila firefox, chrome) kemudian akses salah satu situs di bawah ini.

Apabila hasil test berwarna hijau, maka komputer Anda normal. Tetapi bila hasilnya berwarna merah, maka setting DNS server dari komputer Anda atau router broadband Anda diarahkan ke server jahat yang dikenal, dalam kata lain 'DNSChanger'.
Lalu bagaimana jika hasilnya adalah 'positif'? Komputer atau router yang terjangkit DNSChanger bisa disembuhkan atau Repair dengan beberapa cara berikut ini:
Komputer
1. Disarankan untuk mengembalikan setting DNS komputer yang terjangkit untuk mendapatkan settingan lama dengan otomatis. Silakan kontak ISP atau admin IT kantor Anda untuk mendapatkan bantuan.
2. Jika komputer terjangkit malware DNSChanger usahakan untuk tidak mengupdate sistem dan database software keamanan.
Untuk membersihkan virus tersebut pengguna Windows dan Mac bisa menggunakan aplikasi antivirus yang paling update, baik versi free ataupun berbayar.
3. Setelah dibersihkan, gunakan lagi metode test di atas untuk meyakinkan apakah setting DNS server sudah normal atau belum.
Broadband Router
Disarankan untuk mengikuti dokumentasi yang disediakan oleh vendor untuk mereset settingan DNS server dan mengubah password default admin
[from all sources according to the updated information back, and I thank you]
Selamat Mencoba, dan Semoga Berhasil